// DIY: MAKE GEOBALL - I LIKE I DO

DIY: MAKE GEOBALL

Beberapa minggu yang lalu saya memberikan seorang teman spesial sebuah hadiah, hadiah kecil-kecilan untuk kejutan. Lalu saya browsing templ...

Beberapa minggu yang lalu saya memberikan seorang teman spesial sebuah hadiah, hadiah kecil-kecilan untuk kejutan. Lalu saya browsing template box yang agak berbeda dan unik. Saya paling suka browsing craft and DIY di Pinterest. Kenapa? Tampilan web-nya minimalis dan simple. Nggak terlalu ribet untuk melihat gambar juga banyak pilihan. Kemudian saya menemukan sebuah kotak (atau bola ya ini?). Nah, kita sebut saja GEOBALL.

Geoball di foto ini buatan saya sendiri yang kemarin saya jadikan hadiah kejutan :)


Jadi, bagaimana membuatnya?
Membuatnya nggak terlalu susah kok, kamu memerlukan...


dan saya lupa mencantumkan KARTON (asturo, duplex untuk yang tebal, 2mm) atau kertas concorde (di atas 100gr).


PERTAMA
. Save as the image (geoball) that I have made (Silakan unduh di sini)
. Cetak gambar tersebut di kertas A4/folio
. Lalu gambar tersebut kamu letakkan di karton A4 (concorde/duplex/asturo) atau folio untuk dijiplak. Pilihan lainnya adalah, langsung cetak gambar saya di atas karton asturo atau concorde, jangan duplex karena terlalu tebal untuk cetak di printer. Akan tetapi, semakin tebal karton akan semakin bagus hasilnya :)

gambar yang kamu unduh


KEDUA
Setelah selesai di-print atau dijiplak di karton berwarna atau lainnya. Potong tepian dengan menggunakan cutter. Potong juga di garis berupa titik-titik seperti gambar di bawah.
TIPS
. Sebenarnya memakai gunting bisa, tapi nggak rapi. Nggak perlu takut memakai cutter karena yang penting yakin dan pakai penggaris sebagai alat bantu. Cukup pepetkan pemotongnya pada tepian penggaris, garis sambil ditekan kuat. Umumnya banyak yang susah pakai cutter alias nggak lurus potongannya atau nggak putus ya karena nggak ditekan dan nggak mepet penggaris.

. Nah, kalau sudah di potong sesuai arahan gambar. Untuk memudahkan menekuk karton sampai berbentuk segitiga, ada cara yang mudah, tapi harus sabar :D

MENEKUK SISI-SISI SEGITIGA PADA GEOBALL
. Cutter memiliki dua sisi, sisi tajam dan tumpul. Jika memotong pada sisi tajam, untuk membantu menekuk kita pakai sisi tumpul. Caranya, garis tepi-tepi segitiga pada karton dengan sisi tumpul juga dengan bantuan penggaris penggaris.
. Lakukan pada semua segitiga agar mudah ditekuk.
. Lalu tekuk dan tekan-tekan dengan penggaris agar lekukan rata

KETIGA
. Setelah berhasil menekuk semua segitiga, beri lem pada bagian seperti pada gambar.



. Pada bagian yang diberi lem, terdapat nomor. Nomor tersebut merupakan alat bantu untuk urutan menempel kartonnya ke sisi lain.
. Voila! Setelah semua tertempel maka jadilah Geoball part1
. Belum jadi bola dong karena baru setengah :p

KEEMPAT
. Ayo buat satu lagi dengan ukuran lebih kecil. Setelah jadi, bisa dipasangkan dengan yang lebih besar.


Ini Geoball ketiga yang saya buat dan di dalamnya saya beri foto-foto kami :D
Karena yang pertama dan kedua masih tahap percobaan dan belum bagus. Memang harus banyak mencoba, tapi nggak akan rugi, soalnya hasilnya pasti berbeda. Lebih bersungguh-sungguh, lebih bermakna kan :)

Psst... Apa kamu ingin Geoball dengan gambar lebih menarik? Yuk mampir ke Kartika's Letter (klik-klik). Saya juga menyediakan paket craft untuk Geoball.

____________Selamat mencoba____________

Nb: Jika ada pertanyaan silakan komen di kotak komentar :)

You Might Also Like

0 la la words

Thank You for your comment. I am really apreciate it.
Just write down your link, i will visit you back. Come again :)

Flickr Images

/* ^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^ Pin it button code bellow ^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^ */